Sabtu, 05 November 2011

Andai Aku Jadi Kambing


Asik…setelah hari Raya Idul Fitri, kita bakalan Ber-Idul Adha lagi nih, gak pulang kampung lagi mas bro..??

Hehe, kayaknya. Ntar liat sikon deh. Pengen juga ngerasain masakan bunda, apalagi masak daging feat gulai dengan nada kromatik minor (ngayal daging bisa nyanyi). Tapi gak cuman itu aja men, gimana kalo ente pada ngeliat langsung gimana proses perkesembelihanan daging tersebut, ah ribet ah. Mungkin ada beberapa dari kalian yang gak tega, sedih, duka, ato gak bisa ngeliat proses perkesembelihanan hewan kurban tersebut, ngerti kan tulisan gue. Gue harap gak ada yang protes.  Pokoknya ntu hewan dipotong trus dikulitin, dagingnya dibagiin ke masyarakat kurang mampu, kulitnya buat gue, mo dibuat layang-layang. Oke, ini ngawur. Gini aja, untuk selanjutnya kita sebut proses itu dengan kata “pemotongan”. Biar gak banyak nanya. Hehe.

Btw, lulusan mana sih mas bro, kayaknya gak konstan banget ngetiknya..hahahaha

Ngajak ribut ya?
Hehe…lanjut mas bro…

Emosi ane. Ente pernah ngeliat langsung gimana proses pemotongan hewan kurban? Terkadang kita merasakan sesuatu di lubuk hati yang paling dalam ato mungkin gak terlalu dalam, pokoknya pasti kerasa deh, maksa banget. Begitu kejamnya manusia, teganya manusia, sungguh teganya teganya teganyaaa…dahsyatnya, bila dibandingkan dengan senyumanmu….oh maaf hehe, mantan vokalis kondangan.

Manusia dengan mudahnya mengambil nyawa makhluk hidup, mungkin bisa dianggap sesederhana itu. Kalo kita misalnya gini, kamu lagi duduk di kursi (iya dong, masak di genteng) trus ada nyamuk, si nyamuk bilang “misi ya mas bro/mbak jes, aq mo minta minum nih, aus”. Kita dengan enjoy-nya langsung “nge-plak”. Mati deh tu nyamuk, gampang banget kan. Nyamuk memang sangat berbahaya bagi kelangsunga hidup kita, tapi gak ada salahnya kalo kita pakai cara lain. Yang jelas diusahakan bukan kita yang bunuh tu nyamuk, misalnya bisa pake obat nyamuk bakar ato spray. Haha…

Kembali ke pengorbanan, maksudnya ke prosesi pemotongan hewan kurban, at least Idul Adha yang kita lakuin sebenarnya dan pastinya tentu untuk ibadah kita kepada Yang Empu-Nya Alam semesta, Tuhan Semesta Alam a.k.a Allah SWT. Ingat kisah Nabi Ibrahim A.S? Kebangetan kalo gak inget.

Postingan kali ini ane mau ngajakin enta(cowo) ente(cewe) sekalian buat ngerasain gimana kalo kita jadi kambing ato sapi. Hehe. Maksudnya bukan jadi hewan dalam arti sebenarnya, adakalanya kita mesti ngerasain apa yang dirasakan makhluk hidup lainnya, jika makhluk tersebut seandainya dikasih akal pikiran, sama seperti manusia. Mungkin keadaannya pas mereka akan hendak nantinya mau akan disembelih, bisa disamain pas kita dihadapkan dengan kondisi untuk dipanggil buat presentasi dikelas ato nunggu giliran buat tes pertanyaan lisan dari dosen, pasti bakalan takut buat maju duluan, dan segala titit bengit alasan pasti dikeluarin. Gak percaya? Boleh..hehe.

Oke, sekarang anggap diri kamu sekarang udah dalam posisi kambing ato sapi (jangan ngeres lo..!). Mungkin keadaannya kalo kalian udah di posisi kambing dan memiliki akal pikiran, kalian mungkin bisa berdialog dengan sesama kambing ato sapi-sapi yang namanya udah ada di waiting list calon Qurban. Cekidot.

Mungkin pada saat ente ente lagi nunggu giliran panggilan, ente bakalan dorong2an ama temen ente sesama kambing. "elu duluan gih, gw lum belajar kisi kisi soal kematian kemaren" ato "lu duluan ya, gw mo logout facebook dulu.." etc.


ato jika ternyata gayus secara gak sengaja baca postingan ini dan secara naluriah dia dikutuk jadi kambing ato sapi, mungkin dia bakalan nyogok kepala ato leadernya tukang sembelih, misalnya dia kabur buat izin nonton pra piala dunia di stadion Gelora Bung Karno, ato buat nonton tenis lagi di Bali. (gak bisa nyogok pak, harga sapi emangnya berapa? emang mau nyogok berapa? yakin? hahahaa)


ato mungkin para pemain timnas yang sekarang lagi sibuk prepare buat pertandingan pra piala dunia 2014 ato Sea Games, tiba tiba lagi surfing internetan dan nemu blog ini, trus gak sengaja jadi kambing ato sapi. Oh God, pak Bambang dan pak Gonzales, ente dikasih cap nomer punggung bokong bukan buat maen bola, itu nomer urut buat penyembelihan. Gak ada bedanya antara wing back, center back, maupun playmaker dan striker. entetetep dipotong..!! sesuai nomer bokong...!!

buat playboy cap kacang ijo campur saos ketan, stop ngerayu cewe di dunia.. ! Andai ente dikutuk jadi kambing ato sapi, trus dengan jentel (baca: sok tua, hehe) bilang ke sapi cewe yang lagi nunggu giliran buat disembelih, "bagi gue, ladies first....". siap siap aja ente bakalan kena lempar pup sapi. Dan tentunya, kondisinya pasti tetap. Ente bakalan dipotong...!!


mungkin ada diantara pembaca yang dulu punya temen, mungkin di esde, esempe, ato esema, dengan karakter ketakutan a.k.a nerpes (bukan herpes, nervous maksud gue) buat maju kedepan kelas. Akhirnya dengan kondisi dia sebagai kambing kayang, dia bakalan make jurus andalan buat ngikutin urutan abjad berdasarkan nama di absen. Misal nama ente Yono, (bodo amat dah kalo ada yang nge-baca namanya Yono) trus nama sapi di sebelah elu Budi (ini lagi, si Budi terus yang dipake), "eh, Budi, elu dulu donk, nama gue Yono, abjad gue Y, gue belakangan..". Jujur, di dunia persembelihan kambing dan sapi, cuman ada dua kemungkinan, ente bakalan jadi kambing ato sapi. Kalo ente jadi sapi, ente bakal disembelih belakangan, abjad ente "S". Kalo kambing yah, berawalan "k". Tapi tetep aja sih. Ente bakalan dipotong..!! mau hurup "k" kek, ato "s" kek, bodo. Penjagal tetep ngasah piso..haha


ato buat ente yang agak alay ama pasangan ente, coba kamu kondisikan jika ente dan pasangannya sedang dalam posisi sapi yang lagi mau dikurbankan. Buat cowo, ente mau sok tegar didepan sapi betina? agar si betina aman disisi ente? hehe..ajal didepan gan. Ente tetep dipotong..!! hahaha...


Tapi itu cuman imajinasi jika makhluk hidup lain selain manusia memiliki akal pikiran, layaknya manusia. Kita gak bakalan tau apa yang mereka (kambing & sapi) pikirkan pada saat mereka hendak dipotong. Apa mereka mikirin keluarga dirumah? Mikir pelunasan kredit rumput? Atau utang di BPR? Who know...

Dan akhirnya, kita sebagai manusia yang memiliki akal dan pikiran, perbanyaklah bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kita gak akan pernah sampai pada titik kesempurnaan, walaupun kita dikatain makhluk paling sempurna dari makhluk lain. Tetep cuman Allah SWT yang paling sempurna. That's the point.

Hm...cabut ya....mo pulkam lagi....rendaaang i'm comiiiinghh......!!!!!!! (kayak dialog di film gimana gitu....)


See yaaa......chaz!!

Tidak ada komentar: