Selasa, 24 Januari 2012

Manusia Receh Story - Mancing Mania Part I

Jreeeng…nyahahaha…
Akhirnya ane kembali setelah kemaren kecapean keliling beberapa komplek buat ngumpulin angpao imlek, kebanyakan sih diusir daripada disuruh masuk. Maklum, tampilan muka udah gak support system lagi buat cari pemasukan imlek, hoho. Talking about imlek, kali ini mungkin ane gak akan ngebahas soal apa itu imlek, atau kenapa barongsai lebih mirip ama anak kucing daripada naga. Tapi ane akan menceritakan sedikit unek unek dari hati, yaitu tentang libur imlek. Ya! LIBUR!


Apa sih susahnya kerjaan diliburkan? Kerjaan gak ada! Gaji gak naek!
Emangnya ini perusahaan buyut lo, yang libur seenak udel.??? #diem

Yah, kantor ane pas imlekan cuman libur sehari doank, itu pun cuman senin. Tapi yah lumayan deh, buat ngumpulin nyawa. Beda banget ama temen temen ane di kantor lama. Mereka pada dapet yang namanya long weekend sampe kamis mendatang. Kebayang gak tuh? Mau kayang seminggu tuh ya pasti puas banget. (seminggu? kayang? Oh God).

Tapi ane gak mungkin nyia-nyiain masa libur yang cuman seuprit gitu buat tiduran di rel kamar. So, last Sunday, ane ngabisin waktu buat mancing barengan ama para dakocan yang hobby maen futsal. Kali ini the unyu moment manusia receh, selain dihadiri oleh Manusia TanggalTua a.k.a Albert, juga ada beberapa nama lagi seperti Surya dengan faking futbol-nya, Yudhi yang juga maen faking futbol, Mr. Ian, Mr Al, dan juga Pak Erte (kali ini Manusia Galau gak ngikut karena gak dibolehin ama mama nya.. Nyahahaha). Sebelumnya, para peserta udah mutusin bahwa ntar lokasi buat mancing kita adain di Pulau Hantu. Jreeeeng jengg……#EfekMusikSerem. Dan ane sebagai tour guide-nya.

What? Tour Guide? Yap, mereka memutuskan hal itu sebelah pihak karena ane sebelumnya udah ke TKP buat mancing ama penduduk setempat. Yah, kalo tau bakalan kayak gini, ane kemaren gak bakalan cerita soal mancing di Pulau Hantu. Kampret.

NB : Diawal mereka pada gak tau kalo ini pulau, ada hantunya. Sebenernya pada tau sih, tapi sok sok tegar.

Sebenernya sih diawal sebelum keberangkatan, ane udah nyampein kalo pas disana, jangan ada yang berpikiran negatif. Pokoknya jangan macem macem deh. Misalnya kayak nyumpahin nenek nenek, ato pipis di pohon mangga sambil kayang. Tapi tetep aja namanya juga pasukan dakocan hobi mancing, apa aja dijambanin.

Setelah lokasi udah ditetapin, saatnya pembagian tugas. Apa aja yang perlu disiapin. Pada agenda rapat sebelumnya udah ditetapin bahwa :
  1. Bagi yang mau mancing, bawa alat pancingan sendiri.
  2. Ane (chaz) kebagian buat bawa bumbu masak (bawang,garam, dll). Rencananya kita mau langsung bakar tuh ikan. (yakin bener dapet ikan). Dan satu lagi, ane bawa bola futsal (ini bukan bumbu masak, rencananya kita mau main bola, kebetulan disana ada lapangan bole, hehe)
  3. Manusia TanggalTua (Albert) kebagian bawa cabe merah, ijo, saos sambel indofut, tomat. (ngapain coba segala tomat dibawa? Aneh) trus dia nambahin buat bawa gitar kalo ntar suntuk. (bener juga tuh)
  4. Yudhi dengan faking futbolnya bawa alat pemanggang ikan. (mantap, cadas banget, penting nih, vital)
  5. Yang bawa arang kita limpahkan ke Bang Gema. Namun pada saat realisasinya, tuh orang gak dateng yang katanya sih ketiduran, jadi kita kita bakar ikan pake kayu (koplaaak…roman romannya bakalan gatot nehh)

Setelah persiapan udah setengah mateng, kita janjian buat ketemuan di apartment ane jam 8 teng, dan kita langsung gerak ke pelabuhan. Setibanya di pelabuhan, kita mesti nunggu dulu nih karena ada 1 dakocan yang agak telat datangnya, jadi ane beserta para kru dakocan ngamen di pelabuhan. Yess. Lumayan buat ongkos nyebrang ke Pulau Hantu.

Daerah Pulau yang gak boleh dimasuki untuk umum
Perjalanan dimulai dari menyeberang menggunakan perahu bermesin tempel, kami menyebutnya pancung a.k.a pompong, Dan baru 5 menit kita memulai perjalanan, ane, Yudhi dan beberapa penumpang yang duduk disebelah kiri habis terkena ombak yang masuk ke perahu! Asem! Ini perahu kenapa gak ditutup dari tadi sehhh? Make up gue luntur! Yudhi apa lagi, maskara-nya kena air asin. Kecapp! Pengen banget ane pancung kepala abang itu, tapi gak jadi, takutnya ntar jadi hantu pancung laut.

Setelah sampe di tempat tujuan, ada suara yang nyeletuk nih, entah dari mana asalnya, “ada yang bawa umpan gak nih?”. Agak serentak semua menjawab, “gak ada…..” Jrooottt, ini pada niat mancing gak nehhhhh??? Umpan kok gak dibawa. Tapi untung setelah dicek ada yang bawa udang buat umpan. Hah? Iya kalo bisa mancing pake udang, kalo gak dapet ya bakar udang dahh planning-nya. Hmm masuk akal juga sih. Selanjutnya kita langsung bergerak ke belakang pulau karena lokasi buat mancing ada di belakang pulau dengan view Kota Singapura. Tapi yah yang namanya orang ke kota kalo liat mangga masak, beugh, seneng nya nujubileh, iler gan.ilerr. Manusia TanggalTua, Suryo ama Yudhi malah asik ngumpulin mangga jatoh. Emang sih, di pulau ini banyak banget pohon mangga di tiap depan rumah. Namun kebanyakan perumahan tidak ada penghuninya, ya itulah jadi serasa pulah hantu. Tapi tetep aja para kru malah ngutilin mangga. Dan setibanya di garis pantai pulau, kita juga nyari cacing buat jaga jaga kalo udang gak bisa dijadiin umpan. Dan yang tadi ngumpulin mangga, secara selingan juga masih nyari mangga di beberapa lokasi. Hadeh. Umpan kok gak dibawa. Malah ngumpulin mangga.

Giliran cacing udah dapet, kita langsung menuju ke lokasi, yang merupakan pantai ujung dari pulau dengan tumpukan batu karang. Dan this is it! Mancing Mania A La Pasukan Tempur Amphibi Dakocan Faking Futbol…!! Yeaahhh!!












Yah, gak sia sia juga perjalanan jauh buat mancing, hasil ikan yang lumayan banyak dan kemudian kita bakar dengan bumbu apa adanya dan peralatan sekenanya. Kemudian kita bergerak menuju ke tempat yang leluasa buat bakar ikan. Dan kita bakarnya pake kayu! Pake kayu yah! Karena ada si unyu yang pura pura ketiduran, trus gak bawa arang! Dan orang yang tadi ngumpulin mangga pas kedatangan di pulau, masih aja niat buat jadi surveyor mangga dadakan, sampe sampe si Albert ama Yudhi bawa bawa kantong segala!. Katanya sih buat oleh oleh. Setelah kelar dari agenda mancing, kita pulang ke Batam dengan oleh oleh tadi, yaitu mangga! (kayak ada yang aneh sih, mancing dapet mangga)

Esoknya, kita janjian pada ketemu buat maen billiard. Abis maen, kita langsung ke markas tongkrongan, di angkringan teh poci, ya jadi ntar kalo ada yang mau gabung di kumpulan dakocan sarap, bisa dateng aja di Batam Centre. Disana sekalian kita review hasil klasemen tangkapan ikan dari masing masing kru. Ada yang dapet ikan gede, ada yang dapet anak ikan, ibu ikan, rumput laut, kail nyngkut di karang, ada juga yang gak dapet ikan, gak usah disebut deh namanya. Haha.

Dan lagi seneng senengnya cerita soal jumlah ikan yang nyangkut di pancingan, si faking futbol Yudhi cerita soal neneknya. Jadi gini, dia ditanyain ama neneknya “kemarin mancing dimana?”, “mancing di Pulau Sambu nek, banyak loh ikannya, mangga nya juga banyak lagi…”, “hahh? Pulau Sambu? Disana kan banyak hantunya, kok kalian berani??? Bahaya lohh!! Gak takut??”. Secara mendadak muka semua kru mancing mania jadi bener bener kayak dakocan dicelupin di saos tiram, asem banget. Soalnya yang cerita langsung dari para tetua yang dituakan banget, istilahnya saksi hidup gitu yang udah mengenyam pahit asam di pulau tersebut.

Semua langsung diem, ane diem, Albert yang paling rebut diem, Sandra Dewi diem (ini ngapain lagi nehh si Sandra ikut ikutan???) kata neneknya si Yudhi, dulu ceritanya ada orang yang ngambilin mangga, trus di tanyain ama nenek nenek yang tiba tiba datang dengan suara mistis, “mau ambil mangga ya?”, sambil nyebutin nama yang ngambil mangga. Kok bisa tau gitu namanya, wah gak beres nehh.

Semua kru langsung ngebayangin lagi, kilas balik apa aja yang udah dilakuin selama ad adi Pulau Hantu. Albert yang nyelam nyelam gak jelas di batu karang, mungkin dia berenang sambil pipis dan gak minta izin dulu. Ato Yudhi yang pipis deket pohon mangga pinggir laut, ato mungkin Bro Surya yang ngutilin mangga dari rumah kosong dan ane yang mikirin Sora Aoi sambil berenang di pantai. Namun ane secara tidak langsung udah ngarahin mereka ke tempat yang jauh dari kata “warning” gitu biar aman. Yah secara kita gak ada niat buat macem macem, ya mungkin gak ada salahnya kali ya cuma mancing dan “sedikit” bawa oleh oleh mangga yang katanya sampe 3kg. (NB: Albert sempet nyogok nakhoda pompong pake mangga biar kita pulang nya gratis).

Yah, gitu dah pengalaman mancing ama beberapa kru dadakan faking futbol. Haha. Katanya sih ada yang mau ngajakin mancing lagi, trus pake nginap nginap gitu. Tapi gak tau di Pulau mana, ato mungkin di Pulau Hantu lagi???

See yaa…. :D

To be Continued.....mancing mania session II

10 komentar:

Surya mengatakan...

kasian pak al n pak erte tu ..
g dimunculkan fotonya mereka

surya mengatakan...

mana foto pak al n pak erte ...

protes dia nanti ...
wkwkwkwkwk

Fandy Embryan mengatakan...

tu lah..kmren pada gak ada ngambil poto...pada sibuk mancing..nyohohohohoho...ntar la sesi II kita poto2 bawa kamera wawan..nyahahahahhaa

Robby Chandra mengatakan...

Seru banget kayaknya bro. Sayang gw ga bisa ikutan. Kalo gw ikutan kan qta bisa rujakan. Hehehe...

Robby Chandra mengatakan...

Sayang gw ga bisa ikutan bro. Kalo ga kan qta bisa rujakan dgm 3 kg mangga Albe

Fandy Embryan mengatakan...

hahahaha...yoi bro....
ntar next event kita prepare lagi..nyahahahahha

EYSurbakti mengatakan...

beh, sehari liburan dah liburan seheboh itu gan .. kalo seminggu ente bisa menjelajah keliling dunia kali ..
hahaha
seru gan baca postnya ..
komen pertama nih
salam kenal
EYSurbakti
follbeck ye gan
www.yyireh.blogspot.com

Fandy Embryan mengatakan...

@EY Surbakti !!!! amien semoga ane bisa keliling dunia !!! amin amin!!

Suci Mine mengatakan...

seru kayakx...
hehehe
jadi penasaran ikutan... ^_^

Fandy Embryan mengatakan...

hehehee..bole boleh...atur aj wktu ny
hihihihihihihi