Senin, 18 Juli 2011

Info : How To "Masak" Mie Instant

Sebelumnya nanya dulu nih, kok gambarnya itu ??
Biarin...yang ada gambarnya itu doank, ga boleh bawa merek..haha.
Tapi, ceweknya cakep kok ^^

So, pada mau bahas apa nih??
Soal Mie Instant, tau ga? Gini ceritanya.....
Informasi ini ane dapat dari seorang teman koran kira-kira seminggu yang lalu di kedai kopi (a.k.a NumpangBaca). Awalnya sih ane gak kepikiran mau bikin postingannya, tapi karena info ini sangat penting jadi blog ini meluncurkan berita pertamanya. Mie Instant yang kita kenal memang salah satu jenis makanan kemasan yang sangat mudah penyajiannya, rasanya pas, dan harganya pun relatif terjangkau. Jujur aja, sampe sekarang ini benda, masih di konsumsi dirumah. (mie goreng ada 4, yg rebus ada 3, 5 biji nya merek lain)

Akan tetapi tahukah kamu bahwa selain bahan pengawet yang terdapat dalam kandungan Mie Instant, ada ancaman lain dalam Mie Instant yang bisa membahayakan tubuh manusia? Hal ini ada hubungannya dengan cara memasak Mie Instant. Coba deh kamu perhatiin semua kemasan Mie Instant! Kebanyakan prosedur memasaknya adalah masak mie terlebih dahulu baru setelah matang bumbu dimasukkan. Mengapa dalam prosedur memasak Mie Instant tidak ada yang menganjurkan bumbu dimasak bersamaan dengan mienya? Untuk mengetahui alasannya mari kita simak keterangan berikut ini, cekidot................

Bumbu Mie Instant ternyata mengandung bahan MSG (Monosodium Glutamate) Pada tau gak nih?

Apa tadi?? ga nyimak nih (#SambilNgupil)
Buset...! (#LemparSepatu)
MSG itu adalah zat penambah rasa pada makanan yang dibuat dari hasil fermentasi zat tepung dan tetes dari gula tebu atau gula beet. MSG atau sering dikenal dengan sebutan vetsin atau michin ini memiliki fungsi sebagai bahan penyedap rasa, jadi tak heran jika rasa Mie Instant memang bisa memanjakan lidah. Tapi sebagai peringatan, kita dilarang memasak Mie Instant bebarengan dengan bumbunya karena Monosodium Glutamate bila dipanaskan hingga mencapai suhu 120 derajat celcius lebih, akan berpotensi menjadi Karsinogen. Nah, kalo yg ga tau karsinogen, bisa sech (search) di gogel (google). Ya kayak semacam lapisan lilin gitu.

Trus kita sama-sama tahu nih kalo karsinogen sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, disebabkan karena karsinogen merupakan zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Zat-zat karsinogen menyebabkan kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh, dan hal ini mengganggu proses-proses biologis.

So, kalo kita juga masih makan Mie Instant, dianjurkan agar tidak makan tiap hari. Minimal dengan berselang 3 hingga 5 hari kemudian, baru deh kita bisa makan lagi tuh Mie Instant.

Kenapa?? Kok gitu??
Gini ceritanya.....tubuh kita ini, bisa mengolah ato mem-back up zat karsinogen, namun butuh waktu. bayangin aja coba kalo tiap hari kita makan Mie Instant mulu, tubuh kita tidak bisa melakukan detoksifikasi racun tersebut dikarenakan zat karsinogen yang menumpuk (apa coba artinya..).

Karena sekarang kita sama-sama telah mengetahui bahayanya memasak Mie Instant bersamaan dengan bumbunya, maka sebaiknya kita hindari hal tersebut. Demikianlah sekilas informasi ini, semoga posting kali ini menyesatkan bermanfaat. 

Terima Kasih ...

Tumben waras ya tips nya.... haha

Tidak ada komentar: