Senin, 26 September 2011

Freedom Day

Jam menunjukkan pukul 10 pagi, di hari senin 26 September 2011, gue baru memasuki kantor dengan perut kosong (maklum, bulan tua). Dan gue langsung ngidupin IBM di meja. Berhubung hari ini bos lagi gak ada di tempat, jadi ada sedikit waktu luang buat kayang di atas meja kantor. Ok ini cuman ngarang.

Gue ngidupin komputer.
1 menit berlalu... windows sedang memproses...
2 menit... ada perintah buat menekan tombol Ctrl +Alt + Del...

3 detik kemudian...gue masukin username (IP) dan password (fandykeren) dan menekan Enter secara paksa...

masih nunggu 1 menit... masih proses login...

2 menit... masih proses juga...

5 menit... kok lama ya?, masih proses loh...

10 menit... komputer gue errror...!!!!! 
(efek : kursor mouse gak bisa gerak, suara kipas angin dari CPU, dan layar biru)

Gue tetap mencoba untuk tenang. Menjaga sikap kita saat ada masalah adalah hal yang terpenting. Gue mencoba untuk diam sejenak. Gue diam. Temen gue juga diam. Pak Lurah juga ikutan diam. Cuman komputer gue aja yang ribut, tapi akhirnya ini komputer diam juga. Mati.

Mungkin bagi temen temen yang menguasai jurus informatika, hal ini bisa diatasi. Bagi gue? Gue yakin! Gue Bisa! Ya benar... Bisa rusak..!! Tapi gue mencoba untuk tegar, dan jangan panik. Gue lepasin semua tali colokan yang berhubungan ama CPU kecuali tali jemuran. Perlahan gue buka body CPU nya pake obeng, hingga kelihatan semua isi di dalem CPU. Setelah gue bongkar body-nya, gue berdiri dan coba memegang CPU sambil bawa tang, Mungkin, sekilas gue terlihat seperti adegan Mac Gyver benerin genteng. Dan setelah adegan itu, gue mikir, gimana benerinnya nehh...!!!!!????



Pada saat itu, gue sekilas teringat sebuat pepatah kuno dari daerah Zimbabwe, "lebih baik sok ganteng daripada sok tau". Setelah CPU gue bongkar, gue nyoba buat maen colok-colokan pake obeng ke harddisk. Tiba-tiba, asap putih keluar. Gue kaget. Seingat gue, sewaktu nonton pelem Aladin, jin iprit bakal keluar kalo lampu ajaib digosok-gosok. Yang tadi, gue cuman nyolokin obeng ke harddisk. Beneran loh! cuman colokin obeng ke harddisk! Mungkin ini pertanda baik. Kalo ada Jin yang keluar, gue bisa minta 3 permintaan. Pertama, benerin komputer biar gue bisa nge-blog. Kedua, gue minta uang 1 miliar buat beli ketoprak. Dan ketiga, gue minta ama si Jin buat pindah rumah, jangan nongkrong di komputer gue. Ternyata, gue gak dapet jin, gue cuman dapet aroma bekas bakar yang datang dari CPU.
Ditambah lagi, karena kesotoyan gue ngebongkar komputer, baut CPU komputer pada ilang. Mungkin karena terlalu panik dengan asap jin, gue gak konsen untuk menjaga kelangsungan kehidupan baut-baut tersebut. Akhirnya, setelah memikirkan dengan bimbang dan penuh kematangan, gue nelpon teknisi.


Tak lama kemudian teknisi datang ke ruangan gue, sebut aja namanya Joko ternyata teknisi yang datang agak sedikit mirim ama Chef Edwin Lau! Gue kira Joko mau dateng buat demo cara masak mie instant pake mangkok CPU rusak, ternyata nggak. Mungkin beda antara Joko ama Edwin Lau cuman dua, ukuran jempol kaki ama badannya. Kalo body Edwin Lau atletis, nah kalo Joko body cuman kayak sayur petis.

Dan akhirnya gue menjelaskan duduk perkaranya secara detail. kepada Joko. Bagaimana rentetan kejadiannya, waktu perkiraan kejadian, gejala yang timbul akibat kejadian tersebut, dan bagaimana cara membuat mie instant pake CPU.

Joko: "jadi...komputernya kenapa mas? kok bisa sampe kayak gini?"
Gue: "ohh..tadi saya coba buat benerin sendiri, eh ternyata gagal sendiri..hehe.. makanya tadi saya nelpon mas...."
Joko: "trus..kenapa dibongkar sendiri mas??"
Gue: "yaa...kali aja saya bisa benerin sendiri, mungkin gak parah..(perasaan udah gue jawab deh)"
Joko: "oh..gitu toh. Jadi kenapa kok bisa sampai gak hidup..?"
Gue: "waduh..gak tau juga yah, tadi pas saya idupin tiba-tiba hang dan keliatan keluar layar biru gitu....". (#NgambilShotgun) ini yang teknisi siapa ya???
Joko: "wah..pantes mas jadi hang, kalo mau nonton jangan di komputer..."
Gue: "..............maksudnya???"
Joko: "kalo mau nonton pelem biru gak usah dikomputer mas, puter di DVD player aja.."
Gue: "@#$%^&*())(*&^%$##$%^.....!!!! mas, saya baru idupin komputer dan yang muncul adalah LAYAR BIRU...!! bukan FILM BIRU....!!
Joko: "oh, maaf mas, saya coba cek dulu...."
Gue: ".............................(#NgisiPeluruShotgunTempelinDiJidatJoko)

Sumpah gondok banget, dikira gue nonton film bokep di kantor. Kalo ada penggorengan, gue bakal masak mie goreng dicampur ama Joko. Untung permasalahan ini gak larun ke meja hijau. CPU baru datang 20 menit kemudian setelah dialog kampret tadi. Dan gue bisa nge-post tanpa hambatan. Dan juga hari ini adalah online day hingga sabtu mendatang. haha.


buat Pak Joko, boleh masakin gue mie instant pake kabel CPU gak yah?

7 komentar:

Anonim mengatakan...

bagi pelem biru dong gan...

yoLLa mengatakan...

weewwww..... boleh lah abang satu ni....

Fandy Embryan mengatakan...

wkwkwk...gak ad pelem biru..yg ada pelem merah..hahahaha

apa yola?? hahaha...

ROe Salampessy mengatakan...

wkwkwkwkwkw........

ngakak gw... si fandy ini emang mantabs lah buat ngocok perut.

Fandy Embryan mengatakan...

hahaha...akang roe bs aj...
dari pada gila sndiri...mending bagi2..hahahaa

N O E mengatakan...

udaa.... lem biru aja tuh kompi... *lempar, beli baru.... hohoho...

Fandy Embryan mengatakan...

boleh jg tuh..noe yg beliin ya... hehehehee....
apple macbook air..hohohooho