Selasa, 13 Desember 2011

Pengertian Galau Menurut Manusia Receh


Yap, pada pertemuan kali ini, ane akan membahas beberapa mata kuliah yang akan menentukan lulus atau tidaknya para readers di dunia ini (ceile). Oke, bobot mata kuliah ini sebanyak 4 sks. Jangan ada yang mengulang di semester depan!! karena mata kuliah ini bakalan gak ada. Haha. Jadi, kalian harus serius dalam mempelajari topik demi topik yang akan ane ajarkan. Adapun tujuan dari materi pembelajaran kali ini adalah untuk meningkatkan kualitas pemikiran jhiwa mudha (kata bang roma) agar tidak mudah terpengaruh dengan gejolak perasaan labil yang dapat menyebabkan ketidak sinergisan kuadrat sisi miring yang dikuadratkan dari sisi lainnya (kok kayak nyasar ke rumus segitiga pitagoras??) Pokoknya cekidot deh, ane mulai....


Akhir akhir ini anak muda udah pada jago buat mempopulerkan sebuah kata. Ya, benar satu kata atau beberapa kata. Mulai dari yang dulu tuh, 'so what gitu loh', ato semacam 'cape deh'. nah yang sekarang tuh lagi populer 'sesuatu'-nya Syahrini, eh pada tau gak? pas Syahrini nyuruh Melinda Dee yang bilang sesuatu, yang diucapin malah 'su...su..a..ku..'. (oke lupakan...hahahahaa) Nah pertanyaannya, kenapa sebuah kata yang sebenarnya mengandung makna yang biasa saja, dapat menjadi populer di kalangan masyarakat, baik di sekolah, kampus, atau di lingkungan kerja. Untuk mata kuliah kali ini, ane mau ngebahas yang namanya 'galau'. 

Secara etimologi (jrit, bahasa gw..) galau dapat digambarkan berupa suatu keadaan dimana seseorang menjadi murung secara mendadak, bisa dibilang mumet banyak pikiran, yang di sebabkan karena kita banyak memikirkan sesuatu yang intinya tidak terlalu jelas. Contoh seperti ini dapat kita temukan pada kehidupan sehari hari, misal ada temen kamu yang lagu nangis, pasti ada yang bilang...'pst..lagi galau..' ato nggak ada yang ngupil sambil kayang.. 'beugh..gile..obat galau tuh..', dan sebagainya. Hhhh...entah kenapa para anak muda sangat gampang terpengaruh menjadi kaum galau. Gue diem sambil menghela napas, tukang ketoprak komplek diem, Titi DJ diem. (ini ngapain lagi Titit DJ ikut ikutan..!!!). Dan ane cuman bisa pasrah, (awas kalo Titi DJ ikutan pasrah)

backsound : Titi DJ nyanyiin lagu dengan judul 'Galau'.
mau download lagunya??? klik link disebelah --> download
Aku jatuh lagi sekali lagi jatuh bangun lagi mengejarmu...
Untuk sekian kali namun kali ini ku galau...huwooo....
(perasaan gw kok kayak dangdut ya...)
Untuk pengertian galau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), 
Galau adalah : ga·lau a, ber·ga·lau a sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak karuan (pikiran); ke·ga·lau·an n sifat (keadaan hal) galau.

Adapun bentuk dan ciri ciri dari penderita atau korban galau dapat kita perhatikan beberapa contoh seperti dibawah ini :
 
1. Resah dan Mengeluh
Untuk bagian pertama, para tersangka korban galau selalu mengumbar beberapa kisah dan kassuss yang layak dan patut untuk diperbincangkan, dan semuanya akan dikupas secara kasar, sekasar.....sikat...! #abisNontonInfotainment
2. Self-Centered
Nah, untuk yang satu ini, para tersangka selalu menceritakan gimana-nya dia. Si dia itu begini, begitu. Gak mau ini dan itu dengan tingkan dan porsi yang berlebihan.
3. Over Show up
Ciri ciri ini dapat kita telusuri di jejaring sosial beberapa teman kita. Jika ada beberapa status update yang menyinggung tentang isi hati, tema perasaan dan intrik intrik kalimat, berharap akan dibaca oleh yang dituju. Sadis.
4. Kondisi Status Facebook
Untuk yang satu ini, gak usah diragukan lagi deh. Para tersangka akan sangat mudahnya mengganti status terbaru dengan rentang waktu 2 menit sekali. (salut gw, pulsa dia banyak banget..!!) namun hal ini dilakukan hanya untuk menunjukkan betapa aktif dan eksisnya dia untuk menemukan tempat cerita.
5. Hyper-active
Facebook saja tidak cukup, dia akan membuat akun di Twitter, Plurk, Yahoo, Friendster, mIRC atau sejenisnya, pokoknya yang bisa buat update status untuk mengabarkan ke dunia tentang perasaannya. Biar gak repot, biasanya dia menggunakan sistem feed dimana cukup update status dari satu social media dan secara otomatis akan terkirim ke beberapa akun social media.

Untuk tingkatan galau, terdapat beberapa perbedaan situasi antara wanita dan pria yang sedang galau. Kondisi wanita yang dilanda galau biasanya diklaim pada awal dan akhir sebuah situasi. Misalnya, pada saat cewek sedang naksir seorang cowok , trus dirumah si cewek suka senyum sendiri (nge-bayangin lagi nge-date berdua), nangis nangis gak jelas (kelintas kalo cowok idamannya di senggol ama temen karibnya sendiri) ini termasuk dalam kategori ejagalauisme dini. Atau pas udah putus tapi gak terima kalau mantan pacarnya udah gak mau melanjutkan hubungan (pasca galau), dan juga pas datang bulan, dalam fase ini, mereka akan sangat buas dan menerapkan slogan "senggol = bacok",etc.

Namun lain halnya dengan pria, kondisi galau pada pria hanya akan timbul pada saat setelah situasi terjadi. Misalnya, setelah diputusin/mutusin pacar, kaki kelindes gerobak ikan pas nemenin mama belanja dipasar , jari telunjuk yang nyangkut di idung pas ngupil dikantor (ketauan ama bos), etc.  

So, materi kali ini, disarankan buat para readers untuk hati hati dengan galau. Galau dapat menyebabkan kantuk, serangan jantung koroner, pulsa sekarat, warna keypad luntur, dan gangguan dompet dan janin ATM.
 

NB : pengertian galau akan berubah sesuai nilai tukar rupiah terhadap harga cabe keriting di pasar terdekat.

Tidak ada komentar: