Senin, 08 April 2013

Tips Agar Terhindar Dari Tilang Polisi




Udah seumuran jagung tua gini, gue masih aja gak megang SIM, yap! Surat Izin Mengemudi. Dari SMA sampe sekarang gue emang paling anti berhubungan ama Polisi, bukan karena gue buron. Gue gak suka seragam nya, kayak baju Pramuka (inget pas Pramuka Saka Bhayangkara harus ke kantor Polisi, gue gak dateng). udah gitu aja.

Sebenernya gak ada yang salah ama Polisi, gue juga gak ada salah ama mereka, cuman kita sebagai warga negara yang gak mau ribet dengan urusan hukum pasti menghindari aparat hukum, am I right? Ya iya lah. Balik soal SIM, emak gue udah berapa kali bilangin ke gue untuk ngurus SIM, tapi ya.......


Mama : "fan, buatlah SIM itu, nanti kalo ada apa apa gimana...?"
Gue : "oke ma, ntar kalo udah gajian fandy buat....."
Mama : "........................."

Setelah gajian, gue mesti bayar ini, bayar itu, tagihan ini, tagihan itu, kredit panci, kredit kolor, kredit motor, ama kredit hidup gue. Gue gagal ngurus SIM, lebih tepatnya dompet gue gagal ngurus SIM. Gue harap SIM itu juga bisa gue kredit. Dan SIM gue masih gak keurus sampe tulisan ini naek di podium. 

Terkadang, gak punya SIM saat mengendarai kendaraan, khususnya sepeda motor, akan menjadi horor tersendiri bagi para penggunanya. Misalnya gue!. Pernah gue lagi balik dari kantor dan ngendarain motor, tak jauh di depan gue ada banyak pengendara lain yang berhenti di pinggir jalan, mereka sambil ngeliatin ke ujung jalan sana, entah ada apa gue juga gak tau, gue bingung. Dari pada gak tau pada ngapain nih orang berhenti di pinggir jalan, gue coba ikutan berhenti dan gue nanya seorang bapak bapak seperempat baya pake motor gede.

Gue : "pak...ada apa ya pak, kok pada berhenti?"
Bpk 1/4 baya : "gak tau juga nih mas, saya ikut ikutan berhenti aja, mungkin ada razia"
Gue : #glekkk #nelenTaiUnta

Gini nih kalo orang Indonesia, ikut ikutan. Gue paling males kalo jawaban nya kayak gitu. Emang ntar kalo ada orang pup rame rame, lo mau ikut ikutan juga?. Karena gak puas ama jawaban bapak seperempat baya tadi, gue jalanin motor agak kedepan sekitar 20 meter. Dan gue kambali nanya ama ibu ibu yang lagi boncengin anaknya.

Gue : "Bu....kok pada berhenti bu? ada apa yah?
Ibu : "kayak nya ada razia sih dek di lapangan sana....(sambil nunjuk kedepan) ya iya lah, masak nunjuk ke lobang idung gue???

Dan pertanyaan itu gue tanyain ke beberapa orang yang ada di depan gue. Dan jawaban mereka sama, sepertinya ada razia. Jantung gue berdetak kencang, seperti genderang mau perang (baca nya gak usah sambil nyanyi, gue buat nya pake nada datar aja kok). Tapi gue tetep penasaran apa emang bener ada razia di jam pulang kantor gini, waktu itu nunjukin jam 5 sore, jam nya orang kantoran pulang pasti macet total. Dan gue tetep jalanin motor gue tapi pelan pelan dengan seksama. Soalnya, kalo ntar emang ada razia, gue bisa muter balik.

Dan sesuai dugaan gue. Nggak ada razia. Ternyata di lapangan depan cuman ada orang dari Dinas Perhubungan yang membantu arus lalu lintas yang sedang macet. Dan gue pun lewat. Gue mikir, gimana nasib bapak seperempat baya dan ibu ibu tadi ya, apa mereka akan menunggu sampai malam, ah sudahlah.

Dari hal hal yang kayak gitu, gue bisa mengambil kesimpulan untuk merumuskan tips untuk menghindari tilang ato razia kayak gitu. Hal ini ternyata sangat penting sekali, mengingat bapak seperempat baya tadi dan juga ibu beserta anaknya, dan orang orang yang ikutan berhenti sama seperti gue, gue seperti mendapat ilham untuk membantu mereka melalui tips ini. Dan gue berharap, tips ini akan sangat membantu mereka dalam mengarungi jalan ini. Tsahh. Cekidot.

1. Berdoa.
iya gue tau, baca dulu. Kita emang mesti berdoa kalo mau kemana mana. Tapi, apa bener doa yang lo bacain itu manjur? I don't think so. Nah, gue kasih doa ciptaan gue. Gue sebut "Doa Anti Tilang", yang isinya "ya Tuhan, selamatkanlah aku dari kejaran polisi yang ter**tuk, hilangkanlah pandangan mata mereka yang tajam dan beringas, niscaya aku selamat sampai tujuan. Amin".

2. Membawa Surat Lengkap.
ini sangat penting, walaupun lo gak punya SIM, lo bisa bawa semua dokumen ato surat surat penting lainnya, agar nanti lo bisa nyesuaikan alasan sesuai dengan dokumen yang lo bawa. Adapun dokumen yang mesti lo bawa antara lain: STNK, BPKB, Passport, Kartu Keluarga, Surat Keterangan Berperilaku Baik, Pas Photo 3x4 sebanyak 2 lembar, Surat Nikah, dan Akta Kelahiran. kalo lo ditanya soal SIM, lo bisa jawab "ini saya lagi mau urus ke SAMSAT Pak, karena bapak tilang, saya jadi gak bisa buat SIM, kan saya mau mematuhi aturan untuk buat SIM". Tips ini cadas juragan.

3. Mengosongkan isi dompet.
Terkadang ada beberapa oknum yang memang ingin mendapatkan uang dengan modus razia (beberapa loh) tapi ini juga bisa dicegah dengan menghilangkan isi dompet lo, alias duit. Lo gak ada duit, ya paling dia ngancem buat mintain uang rokok, yah ceban deh. Gapapa lah, itung itung amal.

4. Jangan ngebut.
Emang sih, kalo ngebut lo di anggep melanggar peraturan. Tapi lo bisa ngebantah argumen kayak gini kalo emang lo punya mental Iron Man, "maaf pak, bukannya bapak juga ngebut pas ngejar saya, buktinya bapak bisa ngejar saya, berarti bapak lebih ngebut dari saya donk....." yah...paling tidak lo ditabok pake rantai.

5. Pura Pura Nyasar.
Ini juga bisa dipake buat alasan untuk menghindari tilangan polisi. Saat lo disamperin dari belakang, lo bisa langsung nanya, "wah kebetulan pak, saya baru 2 minggu disini, saya mau nyari alamat ini pak, cuman gak ketemu ketemu, ini di daerah mana ya pak?". Polisi kan melayani masyarakat. Eeaa.

6. Punya Teman Polisi.
Pasti ada donk temen lo yang jadi polisi. Saran gue, mintain potocopy KTA (Kartu Tanda Anggota) temen lo yang anggota polisi (yang pangkatnya tinggi tentu nya) dan simpen di dompet. Kalo pangkatnya gak tinggi, potocopy KTA nya lo letakin di atas helm lo, biar keliatan tinggi. Kalo lo gak punya kenalan polisi, lo ngurus KTM deh, Kartu Tanda Miskin, masak mereka masih tega sih nilang rakyat miskin.

7. Pura Pura Mogok.
Tips ini gue pernah coba, dan ini berhasil. Ceritanya gue ama temen mau ngelewatin lampu merah Pos Polisi. Yang seharusnya dua helm, kita cuman pake satu biji. Gue turun dari motor, matiin motor, dan kita barengan dorong motor sampe seberang. Mereka kira motor kami mogok atau semacamnya. Mungkin mereka iba melihat kami seperti itu. Tapi sebodo amat.

8. Buat SIM.
Kalo lo masih takut juga, ya udah deh, lo urus SIM lo, lengkapin dokumen kendaraan lo. Heran gue.

Itu sedikit tips dan trik sesat dari gue, mungkin ada beberapa masyarakat yang belum atau memang malas ngurus SIM kayak gue, tips di atas bisa dijadikan bahan pertimbangan. Sebenarnya gak sulit sih untuk mengurus SIM, hanya kita aja yang gak terbiasa ama prosedur dan birokrasi, kebiasaan jualan tempe per kilo tanpa prosedur, hal lain pun jadi dilakukan secara borongan. Begitulah masyarakat Indonesia, masih perlu adanya kesadaran dari diri masing masing (ini yang nulis gak sadar apa ya...?).


*end*

2 komentar:

Hanna Ester mengatakan...

Hahhahahha sarannya gokil :D

Fandy Embryan mengatakan...

maklum lah....penyesuaian diri aja,...(emng males buat SIM)