Kamis, 25 Agustus 2011

Tips Aman Mudik Lebaran


Siang Browan..Tumben hidup...?

kemaren lagi galau aja, karena ada seonggok orang lagi galau, ikutan ketularan galau. Kalo ABG udah kena galau, wah, repot deh buat ngumpulin nyawa. Ibarat maen Crash bandicoot, loncat loncat, mecahin kotak kayu, muter muter, muka murung,, manjat tembok kawat, celana jeans, gak pake baju, pusing banget itu game buat di selesaiin. Ok, yang terakhir ngawur. Eh, gak kerasa ya Bulan Ramadhan mau berlalu.....................

  hah?? Gak kerasa?? dari kemaren ngeluh haus laper kayak onta kayang, dibilang gak kerasa????

Hahahaha...biasanya kebanyakan orang pada ngomong gitu, pas udah mau kelar ujian hawa nafsu, eh bilangnya "gak kerasa yaa....#MukaMataBelo", "kok cepet banget.... #SambilMimisan", "ternyata ramadhan berlalu begitu cepat....". Sebenarnya kita mesti bersyukur, masih bisa menjalani ibadah puasa di bulan ramadhan. Tahun depan kita belum tentu bisa ikutan tarawih berjamaah di warnet mesjid terdekat (yang deket donk, ngapain jauh2..!).

Btw, Idul Fitri dimana browan...??? masih stay di hutan sana??

ya pulang donk, kangen masakan bunda ......(bawaan orok). Dan biasanya, kalo udah mau Lebaran, orang pada sibuk buat "Mudik". Tau mudik gak? hah? nggak?? Oke, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mudik adalah "suatu kegiatan perjalanan dari rantauan menuju tanah kelahiran, dengan tujuan makan lontong plus ketupat campur gulai pakis pake kerupuk hingga menerima atau memberikan uang tip Lebaran karena puasa nya penuh". Untuk pembaca, simak penjelasan selanjutnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa skema mudik (versi sesat) tahun ini adalah :

MUDIK --> REBUTAN KURSI PENUMPANG --> MAKAN KETUPAT --> SALAM TEMPEL

Sebenarnya metode ini merupakan ilmu terapan saat masih di bangku sekolah dasar (ketauan). Dan berselang beberapa tahun, dan dikarenakan muka ini udah tambah tua, metode tersebut berevolusi menjadi bentuk "Past Future Tense" dengan pola :

MUDIK --> REBUTAN KURSI PENUMPANG --> MAKAN KETUPAT + KERUPUK --> NGASIH SALAM TEMPEL

Mungkin ada beberapa pertanyaan dari segi polanya??

Browan..., kok gak ada tambahan beli baju lebaran???
Oh iya, sebenarnya pola ini hanya untuk pribadi sesat aja gan, gak mesti diikutin. Karena penulis agak kurang suka berburu baju lebaran, dikarenakan uang gak cukup ntar pake nya baju muslim kok, masih ada baju yang lama, tapi tetep oke..hehe. 

Oh iya, sekalian aja gue cerita, kemaren pas lagi di mall bareng temen, sebut saja namanya Kecap planning nya sih cuman mo ngeliat kesibukan orang beli baju Lebaran, sambil makan, diluar dugaan gue ama Kecap malah beli baju ama celana bola..!!!! Gue beli baju timnas indo ama celana celsi, si Kecap beli celana celsi doank, karena bajunya udah ada, Inter !!! (Loh, pada gak nyambung bgt baju ama celana). Disaat orang ngantri dikasir buat bayar baju Lebaran, kita malah ngantri buat bayar baju bola, baju timnas Indonesia..!! bayangkan..!!
(note :kasir cewek kemaren senyum nista ngeliat kita berdua).

Nah, kalo hal baju sih gak mesti diurusin, yang musti di prepare sebenarnya, perjalanan mudik kita dan apa aja kegiatan kita selama mudik. Misal, berangkat ke kota tujuan naik kapal, pesawat, berenang, jalan kaki, etc. Atau planning pas di tempat mudik kita akan melakukan beberapa road show ke rumah tetangga buat nyobain kue keju buatan siapa yang enak, atau air kaleng tetangga mana yang asin. (www.galaukumat.co.id)

Dan berikut adalah tips aman saat mudik lebaran :
  1. Harap membawa uang koin a.k.a hindari membawa uang cash kertas. Hal ini mungkin sepele, tapi coba bayangkan, pas kamu lagi rebutan kursi penumpang trus uang kamu lagi nongol di saku celana pas naik bus, atau kapal, tau tau udah keluar aja entah kemana (pencopet ngiler). Misal : kamu bawa uang koin di dalem plastik item, trus kantongnya agak dirobek dikit, pas pencopet ngambil, koin kamu bakalan bunyi selama pencopet lari, dengan efek uang koin berjatuhan.
  2. Bawa baygon/semprotan serangga lainnya. Hal ini berguna jika disebelah kursi penumpang anda terdapat seonggok orang yang doyan tidur di perjalanan. Jika si pelaku berniat menyebarkan cairan nista a.k.a iler, segera lakukan penyemprotan pas di idung si pelaku, bodo amat.
  3. Persiapkan tiket PP. tiket merupakan hal utama, kalo gak ada benda yang satu ini, kita bakalan dikira penumpang gelap. Bukan! bukan karena berbadan gelap!! karena kita dikira gak bayar. Kalo bisa belilah ama calo, apalagi calo nya cewek cakep, bisa dapat nomer hape nya sekalian (alesan biar mudik tahun depan bisa pesen langsung...cuihh!!)
  4. Perkirakan biaya apa aja yang bakalan keluar di kota mudik kamu nanti. Biasanya orang baru pulang mudik pasti ada aja yang ditunjukin (mau pamer, sukses gitu di kampung orang) hal ini tidak patut ditiru. nah, biaya yang biasanya keluar seperti biaya traktik adek kamu, biaya traktir ortu kamu, biaya traktir sahabat SMA kamu, biaya traktir sahabat SMP kamu, biaya traktir temen balap, biaya traktir pak RT, dll. Intinya sebagian besar uang akan habis untuk urusan perut!
  5. Untuk antisipasi tips no 4, siapkan anggaran gak terduga, ato bisa jadi anggaran yg diduga duga. Nah buat gue pribadi, ntar pas mudik udah disiapkan biaya tak terduga sekitar 300% dari THR. Misal : THR = Rp1.500.000 maka siapkan biaya tak terduga sebesar Rp 4.500.000. Hal yang tak terduga lebih banyak terjadi dari pada hal yang diduga. Seperti pas dijalan ada pengemis, kita kasih Rp 2juta, nanti ada anak jual koran masang muka galau, kita kasih Rp 1.5 juta, nah, hal seperti ini yang biasanya gak kita duga.
Mungkin setelah membaca tips nomer 5 pada bingung, duit dari mana? Oke, jangan ambil pusing, tetap lakukan estimasi biaya yang akan keluar, jangan takut. Setelah dihitung dan menemukan angka biayanya, langkah selanjutnya pikirkan sumber uangnya (haha, baru boleh takut..). Apakah dari gaji, THR, jaga lilin, ngamen ato jadi pengemis.

Cabut ah....mo backpacking ke pulau sebelah in August 27, 2011
See yaa............................. next  --> Hari Raya Idul Fitri

8 komentar:

N O E mengatakan...

cieehhh,,, mudik ke pinang yaa...
waahh,, seru donk ketemu mamah papah lagi... hohoho....
salam buat patung lumba2 di deket plabuhan ntu ya...^^

Fandy Embryan mengatakan...

ok Noe..gmpang...ada yg mw dititip ama lumba2?? tnguu.....! lumba2??
setau aq gak ad lumba2?? anjing laut bukan??? ato aq yg udh lama gak balik kali ya..hahahhahaa mka ny ad lumba2...

N O E mengatakan...

hahaha,,, au ahh,,, pokoknya itu dahh,,,
aq juga mw mudik nih, tp mudiknya ke kampung temen, maklum lagi dtempat perantauan...
hepi mudik ^^

Fandy Embryan mengatakan...

wah....mudik kemana tuh...?? hehe..
mw nanya nih....
1. emng kmpung asli ny dmna???

2. kmpung ny jauh gak??

3. ada rencana mw pindah kampung?? hahahahahahaaaaaaaa

ROe Salampessy mengatakan...

mau mudik yah.?

hati2 dijalan yah, semoga sampai di rumah dengan selamat.

sama2 mas bro, maaf lahir batin, selamat idul fitri 1432 H.

Fandy Embryan mengatakan...

ok bang Roe..hehehe mo mudik

mohon maaf lahir dan bathin juga ya...

N O E mengatakan...

jawab :
1. kampung asli di Belanda. tp krna udah klebihan cwek manis, jd dideportasi dah ke Batam. Gag papa lah.. sama2 B ini... hohoho... appan coba??

2. relatip. kalo ngesot ya jauuhhh...

3. pengen sih, ke Eropa gitu. tapi apalah daya, tangan gag sampai. hiks...
hehehe...

uda di nyampe di Te Ka Pe ya nii...? slam buat trikora ma gunung bintan yaaaa... hehehe...

Fandy Embryan mengatakan...

@noe...hahahahaa
ngeri bgt ahh...ternyta manis ya...
hahahahahaa..pantes nyampe batam..hahahaa....

kmren tgl 27 udh nyampe tekape..haha
aq trnyta dijebakkk..nyampe dsini malah jadi kuli...
hahahhaa..ntar di bahas pas nyampe batam..wkwkwkwkk....

gak sempet posting gara2 dsni jadi Ksatria Ketupat, membasmi ketupat yg meraja lela..haha